Headlines News :
HOME » » Belum Ada SK 4 Menteri dan Kepres - Sail Derawan 2013

Belum Ada SK 4 Menteri dan Kepres - Sail Derawan 2013

Written By iNFO BERAU on Sabtu, 04 Agustus 2012 | 12.09


Anggota DPRD Berau yang juga ketua DPC Partai Demokrat Berau Anwar mengatakan, upaya Pemprov Kaltim maupun Pemkab Berau untuk melaksanakan Sail Derawan 2013, terlalu dipaksakan untuk tujuan politis. Bukan untuk peningkatan potensi ekonomi pariwisata serta masyarakat setempat. ”Saya menilai upaya pemprov maupun Pemkab yang menggebu-gebu untuk melaksanakan Sail Derawan 2013 sangat dipaksakan Awang Faroek untuk tujuan Pilgub (Pemilihan Gubernur) 2013,” ujarnya.
Belum Ada SK 4 Menteri dan Kepres
Sail Derawan Dipaksakan untuk Kepentingan Pilgub 2013
Menurut Anwar, jika Sail Derawan 2013 tetap dipaksakan, pemkab maupun pemprov harus menggelontorkan anggaran yang mencapai Rp 50 miliar – Rp 60 miliar untuk persiapan infrastruktur pelaksanaan Sail Derawan yang akan melibatkan lima kementerian yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kimpraswil, serta Kementerian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Lebih lanjut Anwar mengatakan, jika Sail Derawan itu dipaksakan pada 2013, pemkab maupun pemprov yang akan menanggung seluruh anggaran. Mulai persiapan sarana pendukung dan infrastruktur sampai pada biaya penyelenggaraan Sail Derawan tersebut. Sebab, sampai saat ini belum ada Surat Keputusan (SK) dari 4 Menteri, terlebih belum adanya Kepetusan Presiden (Kepres) RI yang menunjuk dan menetapkan bahwa pelaksanaan Sail di Derawan.”Tanpa SK 4 Menteri dan Kepres, seluruh biaya yang muncul dalam pelaksanaan ditanggung APBD Berau dan APBD Provinsi. Karena pemerintah pusat tidak bisa mengeluarkan anggaran sebab SK maupun Kepres belum ada,” katanya.

Menurutnya, Sail Derawan versi pemerintah pusat sampai sekarang masih mengawang-awang. Hanya gubernur saja yang terlalu memaksakan dan tidak melalui prosedur yang sebenarnya. Sehingga hasilnya juga tidak maksimal dan bisa disebut hanya sail-sailan semata.

Ia menyarankan, supaya lebih maksimal dan semuanya dapat berjalan sesuai prosedur pelaksanaan Sail, diundur hingga 2015 mendatang.”Jika kita ingin persiapan lebih matang dan tidak mengutik-utik lagi APBD. APBD kita cukup untuk membangun semua infrastruktur jalan dan sebagainya, ketimbang membiayai Sail Derawan,” ujarnya.(zis/kpnn/waz)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: