Headlines News :
HOME » » Camat Derawan akan Buat Perkam

Camat Derawan akan Buat Perkam

Written By iNFO BERAU on Selasa, 17 Juli 2012 | 12.35


Radartarakan TANJUNG REDEB - Ditetapkannya Pulau Derawan bersama Pulau Maratua sebagai Desa Wisata bukan hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Berau, terutama masyarakat di dua pulau itu. Tapi menjadi langkah awal untuk melakukan perubahan.

Seperti diutarakan Camat Derawan Zulfikar, ditetapkannya Pulau Derawan sebagai Desa Wisata serta masuk 15 destinasi wisata nasional yang akan dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi tantangan bagi pihaknya untuk mengubah pola pikir masyarakat.

Sebagai langkah awal, kata Zulfikar, dirinya akan mengajak masyarakat di Pulau Derawan untuk berbenah serta mempertahankan simbol sebagai daerah wisata yang mempunyai daya tarik tersendiri.

“Saya juga akan mengajak masyarakat di sini (Pulau Derawan) untuk menjaga kebersihan seperti dicanangkan ibu menteri (Mari Elka Pangestu),” kata Zulfikar kemarin (16/7).

Tak hanya itu, Pulau Derawan yang merupakan salah satu obyek wisata andalan Berau, juga harus mempunyai suvenir khas yang dapat dibawa sebagai buah tangan oleh wisatawan. Karena itu, kata Zulfikar, dirinya akan meningkatkan kerajinan rumah tangga warga Pulau Derawan. “Kami juga akan membuat peraturan kampung (Perkam),” sebutnya.

Di Perkam itu nantinya, tidak hanya mengatur soal kebersihan serta sanksi-sanksi. Menurut Zulfikar, di Perkam pun akan memuat peraturan untuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Derawan.

Ia juga mengaku sedang mewacanakan program air minum untuk wisatawan. Jika program itu terealisasi, kata dia, air minum untuk wisatawan ditempatkan di beberapa titik yang mudah dijangkau.

Wisawatan tidak lagi harus membeli air kemasan di warung-warung atau toko di pulau itu berulang-ulang. Tapi cukup membeli air minum yang telah disediakan. Itu salah satu upaya pihaknya menekan volume sampah di Pulau Derawan.

Ditegaskan Zulfikar, program air minum untuk wisatawan itu tidak akan berpengaruh terhadap usaha warga. Sebab, untuk menjual air minum tersebut akan melibatkan warga setempat. “Masyarakat di sini (Pulau Derawan) yang mengelolanya,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Berau Haji Sa’ga menambahkan, dengan ditetapkannya Pulau Derawan dan Pulau Maratua sebagai Desa Wisata, Dinas Pariwisata Berau harus segera menyusun program. “Kalau anggaran kami dukung,” ujar pria yang juga berasal dari Pulau Derawan itu.

Meskipun saat ini pemerintah daerah telah melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat dalam pengelolaan obyek wisata, Sa’ga kembali mengingatkan agar cara seperti itu harus terus dilakukan.

Ia juga meminta Dinas Pariwisata untuk memberi pengetahuan ke masyarakat. Seperti bagaimana mengelola penginapan yang baik dan ramah terhadap wisatawan. Pasalnya, kata dia, hal-hal seperti itu ikut memengaruhi keinginan wisatawan berkunjung ke Pulau Derawan untuk kesekian kalinya.

Sa’ga juga mengingatkan Dinas Pariwisata untuk mendukung masalah pengelolaan sampah. Karena selama ini ia melihat sampah-sampah rumah tangga atau sampah di Pulau Derawan hanya sekadar dikumpulkan. “Kami berharap Dinas Pariwisata punya program pengelolaan sampah,” ujar politisi Partai Persatuan Pembangunan itu. (end)

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: