Headlines News :
HOME » » Wacana Kapal Pelni Meredup

Wacana Kapal Pelni Meredup

Written By iNFO BERAU on Jumat, 17 Agustus 2012 | 17.20

Pelabuhan laut di Tanjung Batu, Kecamatan Derawan yang ingin dijadikan pelabuhan untuk kapal penumpang, sepertinya hanya sekadar wacana. Sebab, hingga saat ini tidak ada kepastian terealisasi.

Pihak-pihak terkait pun akhir-akhir ini terkesan adem ayem dengan wacana yang sudah bergulir sejak 2010 lalu itu. Padahal, proses untuk mengoptimalkan pelabuhan yang dibangun menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII Kaltim2008 lalu, sudah dilakukan.

Alat bantu navigasi atau rambu laut dan suar misalnya, sudah terpasang sejak tahun lalu. Survei dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pun sudah dilaksanakan. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Berau dan PT Pelindo IV Makassar telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepakatan pengelolaan Pelabuhan Tanjung Batu sekitar pertengahan 2011.

Salah satu keinginan dari penandatanganan MoU itu, Pelabuhan Tanjung Batu nantinya bisa menjadi pelabuhan penumpang yang disinggahi kapal Pelni atau pintu masuk kapal-kapal penumpang dari Tawau, Malaysia.

Wacana Pelabuhan Tanjung Batu disinggahi kapal Pelni, tidak hanya memberikan angin segar bagi masyarakat di Kampung Tanjung Batu, anggota dewan provinsi pun ramai-ramai memberikan dukungannya agar pelabuhan yang dibangun dengan dana miliaran rupiah itu dioptimalkan.

Sehingga pelabuhan dengan konstruksi beton itu tidak hanya sekadar menjadi tempat tambat kapal-kapal nelayan atau speedboat yang melayani rute Tanjung Batu ke sejumlah obyek wisata bahari Berau, seperti ke Pulau Derawan dan Maratua.
Tapi, semua wacana itu hanya menjadi angan-angan dengan tidak adanya tindaklanjut dari pihak-pihak terkait, baik pemerintah daerah maupun pihak lainnya.

Itu pula yang menimbulkan tanda tanya bagi Burhan Bakran, anggota DPRD Berau.

Apalagi, ia juga mengetahui bahwa wacana menjadikan Pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan khusus penumpang sudah sejak lama digembar-gemborkan.

“Iya, bagaimana itu (wacana Pelabuhan Tanjung Batu disinggahi kapal Pelni)?,” ujarnya, saat ditemui di Kantor Bupati Berau (14/8).

Seharusnya, kata Burhan, itu tidak hanya sekadar wacana. Menurutnya pemerintah daerahharus mewujudkannya.
Jika terkendala anggaran, dia menyarankan pemerintah daerah segera mengusulkan anggarannya.

DPRD, kata Burhan, sangat mendukung upaya menjadikan Pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan khusus penumpang.

Pasalnya, ia juga menyadari dampak positif dari wacana tersebut. Perekonomian masyarakat di Tanjung Batu diyakininya akan berkembang pesat.

“Jadi, kalau yang berhubungan dengan teknis memerlukan anggaran, pemerintah daerah segera mengusulkannya. Jangan sampai keinginan itu hanya sebatas wacana saja,” ulangnya. (adv/che)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: