Headlines News :
HOME » , » Utamakan Keamanan Wisatawan Pulau Derawan Siap Sambut Libur Lebaran

Utamakan Keamanan Wisatawan Pulau Derawan Siap Sambut Libur Lebaran

Written By iNFO BERAU on Senin, 06 Agustus 2012 | 13.06

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung ke objek wisata Pulau Derawan diprediksi mengalami peningkatan pada libur lebaran mendatang. Tidak hanya yang berasal dari Berau, Derawan menjadi tempat rekreasi keluarga dari beberapa daerah sekitar Berau, seperti dari Bulungan, Tarakan, Malinau, bahkan dari Muara Wahau Kutai Timur. Prediksi peningkatan jumlah kunjungan itu terlihat dari pemesan kamar di H+2 lebaran Idulfitri.

Camat Pulau Derawan Zulfikar kepada media ini mengungkapkan bahwa Derawan masih menjadi pilihan sebagai kawasan wisata. Tidak hanya resort dan penginapan yang menjadi akomodasi bagi pengunjung. Tetapi rumah-rumah penduduk yang menjadi home stay juga sudah ada yang dipesan calon pengunjung. “Kita memang prediksikan ada peningkatan, seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dalam kesiapan menyambut libur lebaran tersebut, Zulfikar mengutakaman kenyamanan kepada pengunjung. Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti dengan jajaran Polsek Pulau Derawan, yang akan membangun pos pengamanan di dermaga Tanjung Batu.

Kecamatan juga terus berupaya memberikan sosialisasi serupa kepada pengusaha speed boat yang menjadi sarana transportasi wisatawan dari Tanjung Batu ke Pulau Derawan. “Kita tetap ingatkan pemilikspeed boat untuk lebih memperhatikan apsek keselamatan. Seperti menyediakan pelampung bagi penumpang,” jelasnya.

Sosialisasi kepada masyarakat di Pulau Derawan, terkait pengendalian lingkungan dan pelayanan wisatawan, dikatakan Zulfikar juga terus dilakukannya. Terlebih saat ini Derawan telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai kawasan desa wisata. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam menjalankan program pengembangan Derawan. “Kita selalu gandeng masyarakat, karena program pengembangan wisata Derawan adalah wisata berbasis masyarakat,” tandasnya.(hms4/tom)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: