Headlines News :
HOME » » 147 Binaan Rutan Terima Remisi

147 Binaan Rutan Terima Remisi

Written By iNFO BERAU on Jumat, 17 Agustus 2012 | 17.09

Bupati Berau Makmur HAPK menyerahkan secara simbolis remisi kepada 147 warna binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Tanjung Redeb, Kamis (16/8) kemarin. 10 di antaranya menerima remisi umum (RU) II dan langsung menghirup udara bebas di Hari Kemerdekaan, Jumat (17/8) hari ini.

Sementara 134 orang lainnya masuk dalam daftar RU I dan masih harus menjalani sisa masa kurungan.

Selain itu tiga narapidana lainnya juga masuk dalam remisi tambahan. Penyerahan remisi kepada narapidana itu, juga dihadiri Wakil Bupati Ahmad Rifai, Sekkab Jonie Marhansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Berau.

Bupati Makmur HAPK yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, mengungkapkan remisi adalah hak yang telah diatur secara tegas dalam pasal 14 ayat (1) Undang-Undang nomor 12/1995 tentang pemasyarakatan.

Didalam dalam ayat tersebut disebutkan setiap narapidana mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana.

Dalam falsafah pemasyarakatan, dikatakan Makmur,pemberian remisi bagi narapidana adalah upaya untuk sesegera mungkin mengintegrasikan narapidana dalam kehidupan masyarakat secara sehat.

Sehingga setiap narapidana dapat segera melanjutkan kehidupannya secara normal dan mampu mengemban tanggungjawab yang ada dipundak masing-masing.

“Baik sebagai anak, orangtua, maupun anggota masyarakat. Remisi ini juga upaya menghindarkan dampak buruk pemenjaraan,” ungkapnya.

Selain menyerahkan remisi secara simbolis, Bupati Makmur HAPK juga menyempatkan berdialog dengan warga binaan Rutan, yang kini jumlah penghuninya mencapai 421 orang.

Rutan Tanjung Redeb juga menampung narapidana dari beberapa kabupaten sekitar, seperti dari Kabupaten Bulungan maupun Kabupaten Tana Tidung.

Beberapa keluhan, seperti air bersih yang terbatas dan alas tidur yang tidak sebanding dengan jumlah warga binaan, langsung diresponsorang nomor satu di Bumi Batiwakkal itu.

“Kita akan coba nanti pertimbangkan apa yang bisa dibantu. Kita juga akan serahkan motor sampah, untuk mendukung kebersihan rutan,” ungkap Makmur.

Makmur berpesan kepada warga binaan untuk menjadikan pengalaman di balik penjara sebagai introspeksi diri. Ia berharap semakin kedepan penghuni rumah tahanan terus berkurang.

“Tidak ada orang yang ingin hidup dibalik penjara ini, sehingga apa yang dijalani sekarang harus dijadikan pengalaman,” tandasnya. (hms4/che)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: