Headlines News :
HOME » » Derawan dan Maratua Jadi Desa Wisata

Derawan dan Maratua Jadi Desa Wisata

Written By iNFO BERAU on Selasa, 17 Juli 2012 | 12.21


Radartarakan TANJUNG REDEB – Pulau Derawan dan Pulau Maratua resmi ditetapkan sebagai ‘Desa Wisata’ oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu kemarin (16/7).

Tidak hanya itu, Berau yang terkenal dengan obyek wisata baharinya, juga masuk dalam 15 destinasi wisata yang akan dikembangkan dan terintegrasi dengan obyek wisata lain di Indonesia.

Bahkan menteri berdarah Tionghoa itu menyebutkan, ada alokasi anggaran untuk mendukung pengembangan obyek wisata bahari Berau.

Alokasi anggaran itu salah satunya untuk melakukan promosi.

“Seperti membuat even internasional. Misalnya lomba foto underwater yang melibatkan peserta dari luar negeri,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Pulau Derawan.

Ia juga menyebut penyelenggaraan Sail atau International Ocean Yacht Rally merupakan salah satu upaya mengangkat kepariwisataan. Karena peserta Sail banyak berasal dari negara Eropa.

Dirinya mendukung upaya penyelenggaraan Sail Derawan yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2013.

Bahkan menteri kelahiran Jakarta 23 Oktober 1956 ini menyatakan akan mempromosikan obyek wisata bahari Berau, seperti Pulau Derawan, Maratua, Kakaban dan Pulau Sangalaki.

“Di sini (Pulau Derawan dan sekitarnya) ada keunikan. Karena merupakan salah satu tempat berkembang biaknya penyu,” ujar peraih Bachelor dan Master of Economics di Australian National University.

Mari juga mengatakan, menuju ke obyek wisata bahari Berau sudah mudah.

Apalagi saat ini Bandara Kalimarau telah menjelma menjadi salah satu bandara di Kalimantan Timur yang dapat didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing.

Dengan pengembangan bandara seperti itu, diakuinya dapat meningkatkan aksesbilitas wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Karena itulah, kata dia, untuk pengembangan obyek wisata bahari Berau sebagai destinasi wisata nasional, perlu promosi yang gencar.

Apalagi pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan secara nasional naik dua kali lipat di tahun ini, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Pada kesempatan kemarin, Mari juga memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Berau yang telah mengambil kebijakan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan obyek wisata.

Seperti kebijakan Pemerintah Kabupaten Berau yang menjadikan rumah-rumah warga di Pulau Derawan sebagai homestay untuk wisatawan.

Itupula yang menjadi tolok ukur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Pulau Derawan dan Pulau Maratua sebagai Desa Wisata.

Karena pengembangan kepariwisataan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau berbasis masyarakat.

“Saya sangat menghargai komitmen pemerintah daerah,” ujarnya.

Dengan ditetapkannya Pulau Derawan dan Pulau Maratua sebagai Desa Wisata dan masuknya Berau dalam 15 destinasi wisata nasional yang akan dikembangkan, Mari berpesan agar masyarakat di dua pulau itu menjaga kebersihan dan mencegah terjadinya penangkapan ikan secara berlebihan atau overfishing.(end/ndy)

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: