Headlines News :
HOME » , » Sektor Pariwisata Harus Dikelola Optimal

Sektor Pariwisata Harus Dikelola Optimal

Written By iNFO BERAU on Jumat, 10 Agustus 2012 | 12.44

Kabupaten Berau menyimpan potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi para wisatawan, baik itu mancanegara, nusantara, maupun wisatawan lokal. Hanya saja, pengelolaan wisata tersebut belum juga tergarap secara optimal.

“Sektor pariwisata di daerah ini belum sepenuhnya digarap secara optimal. Sehingga banyak potensi-potensi wisata yang seharusnya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung tapi tidak bisa,” kata ketua DPRD Berau ini beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, selain objek wisata bahari yang ada di Pulau Derawan dan pulau lainnya, masih ada objek wisata yang tak kalah menariknya. Seperti pemandian air panas di Kecamatan Biatan, Hutan Tangap di Kecamatan Teluk Bayur dan objek-objek wisata lainnya yang ada di kecamatan pesisir.

Elita pun menilai, selama ini pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pariwisata Berau hanya terfokus mengelola wisata yang ada di daerah kepulauan.

“Kita perhatikan, pengelolaan pariwisata hanya terfokus di Pulau Derawan dan pulau-pulau lainnya. Padahal banyak yang bisa dioptimalkan untuk menarik wisatawan khususnya wisatawan lokal,” katanya.

Seharusnya, objek wisata yang lokasinya berada di dekat perkotaan, seperti Hutan Tangap juga mampu dikelola oleh Dinas Pariwisata. Sebab, lanjutnya, tidak semua masyarakat lokal mampu mengunjungi wisata yang lokasinya jauh dari kota seperti Pulau Derawan.

Selain pengelolaan, promosi juga tak kalah penting untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Berau. “Tapi jangan juga hanya mengedepankan program promosi, sambil promosi pembenahan juga berjalan,” jelasnya.

“Jadi kalau sudah dikenal, tinggal bagaimana kita mengelola agar keindahan wisata tetap terjaga, misalnya menjaga kebersihan lingkungannya,” sambungnya.

Selain itu kata politisi Partai Golkar ini, instansi terkait juga harus melengkapi fasilitas pendukung, misalnya dengan menyiapkan transportasi khusus agar wisatawan merasa aman dan nyaman selama perjalanan.

“Karena kepuasan pengunjung harus diutamakan, hal inilah yang akan menjadi modal kita dalam mempromosikan sektor pariwisata di Berau,” imbuhnya.(adv/che)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: