Headlines News :
HOME » , » DPRD Minta Pemkab Antisipasi Lonjakan Harga

DPRD Minta Pemkab Antisipasi Lonjakan Harga

Written By iNFO BERAU on Sabtu, 11 Agustus 2012 | 11.22

Meski harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran khususnya di Kabupaten Berau jelang Lebaran terbilang masih stabil, namun tidak menutup kemungkinan terjadi lonjakan hargasecara tiba-tiba. Ini jika dilihat dari pengalaman di tahun sebelumnya.

Atas dasar itulah, DPRD Kabupaten Berau meminta Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau melakukan antisipasi lonjakan harga sembilan bahanpokok (Sembako). Apalagi, kerap muncul dugaan adanya ulah oknum spekulan yang memanfaatkan momen puasa dan Lebarandengan menimbun stok sembako.

Anggota Komisi II DPRD Berau Hj Popiyanti menegaskan, Diskoperindag sedianya sudah mulai melakukan operasi pasar dan melakukan pemantauan harga. Sehingga antisipasi me rangkaknya harga kebutuhan pokok jelang lebaran nantisudah dilakukan sejak dini.

Dikatakannya, jika tidak sedini mungkin, tidak menutup kemungkinan harga sejumlah komoditi terutama kebutuhan pokok yang biasanya diperlukan saat lebaran akan mengalami lonjakan harga.

Sebab kata dia, ini bercermin dengan pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya dimana setiap tahun menjelang lebaran, ada saja kebutuhan pokok yang mengalamikenaikan harga.

“Kalau tidak segera mengambil langkah antisipasi, khawatirnya harga kebutuhan pokok merangkak naik dan ini akan menambah beban masyarakat. Apalagi kebutuhan masyarakat saat Lebaran meningkat. Sehingga jumlah permintaan dipasaran pun juga meningkat, yang tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan oleh spekulan melakukan permainan harga,” jelasnya.

Menurutnya, terjadinya lonjakan harga jelang Lebaran sudah menjadi tradisi. Tidak hanya di Berau, tapi juga terjadi di daerah lain. Untuk itu, instansi terkait harus peka menanggapi persoalan ini.

“ Kalau instansi terkait segera mengambil tindakan tentunya persoalan ini bisa diatasi,” kata politisi Gerindra ini.

Selain itu, anggota DPRD Berau yang duduk di komisi II membidangi perekonomian dan pedagangan ini, mengingatkan agar Diskoperindag juga melakukan pemantauan persediaan kebutuhan pokok di sejumlah distributor dan agen penyalur yang ada di Berau. Ia khawatir, akibat tingginya jumlah permintaan di pasar, berakibat sejumlah kebutuhan kehabisan stok.

“Khusus sembako, itu yang dikhawatirkan mengalami kelangkaan. Apalagi jelang lebaran, tidak menutup kemungkinan ada upaya yang dilakukan oknum tertentu menimbun kebutuhan pokok,” terangnya.

“Asalkan ada upaya untuk melakukan antisipasi dan instansi terkait giat melakukan pemantauan di sejumlah pasar, hal ini pasti bisa teratasi,” harapnya. (adv/che)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: