Headlines News :
HOME » » Jelang Lebaran Kebutuhan Daging Melonjak - Keuntungan Pedagang Sapi Ikut Meningkat

Jelang Lebaran Kebutuhan Daging Melonjak - Keuntungan Pedagang Sapi Ikut Meningkat

Written By iNFO BERAU on Jumat, 10 Agustus 2012 | 12.37

Kebutuhan daging sapi menjelang Lebaran mulai mengalami meningkat. Tingginya permintaan komoditas ini pun menjadi ladang rezeki tersendiri bagi para pengusaha maupun pedagang yang bergerak dalam jual beli sapi. Oleh karena itu para pedagang mulai memasok sapi-sapi dari luar daerah ke Berau. Alasannya pun beragam selain untuk memenuhi kebutuhan pasar, juga sebagai persedian atau stok menjelang hari raya kurban.

Hal ini juga terlihat di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Tanjung Redeb yang tidak pernah sepi dari kedatangan sejumlah ternak dari Sulawesi dan Jawa sejak dua pekan terakhir. Menurut Asriansyah, salah satu pedagang sapi, selama bulan puasa dan menjelang Idulfitri hampir 50 ekor sapi didatangkannya. Selain berasal dari luar daerah, pihaknya juga membeli ternak di dalam daerah khususnya di wilayah kecamatan pesisir. “Kalau memang ada keterlambatan datang, kami beli dari para peternak yang ada di sini,”katanya kemarin.

Dijelaskan Asriansyah, untuk sekali order, biasanya menghabiskan dana sekitar Rp 100 juta, ini pun melihat dari tingginya harga jual dari peternak. Rata-rata harga di pasaran bisa mencapai sekitar Rp 7 hingga Rp 11 juta per ekor, seperti sapi Donggala dan sapi Bali. Ditambahkannya, untuk mendatangkan ternak pihaknya juga melengkapi beberapa dokumen penting. “Kami tetap ikuti prosuder yang ada, yang menjadi kewenangan instansi,”jelasnya.

Diungkapkannya, soal keuntungan dalam penjualan sapi ini sangat lumayan, sebab harga daging lumayan melonjak saat mendekati lebaran yakni antara Rp 100 hingga Rp 150 ribu per kilogramnya. Dalam satu bulan Asriansyah mampu meraih keuntungan bersih sekitar Rp 90 sampai 100 juta. “Ini di luar gaji 6 orang karyawan yang membantu, baik dalam pemotongan maupun perawatan hingga penjualan,”ungkapnya. (hms3/tom)

Telah Dibaca: Kali

Artikel Terkait

Share this article :

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Jangan menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.
Mau tinggalkan Link juga boleh.
 
Support : Creating Website | iNFO BERAU
Copyright © 2011. iNFO BERAU - All Rights Reserved
Info yang ada di Blog Ini dikutip dari: